-->
Subscribe:

Ads 468x60px

Anda senang dengan artikel ini? silahkan klik

Sabtu, 26 November 2011

cara membuat blog dinamis

 
  1. Pastikan Anda sudah memiliki email, ini penting untuk login ke blog. Jika belum memiliki silahkan membuat email di Yahoo atao membuat email di Google. Jika sudah memiliki email silahkan lanjutkan ke langkah selanjutnya..
  2. Buka situs Blogger atau Blospot . Klik http://www.blogger.com lanjutkan dengan klik Get Started.
  3. Sekarang silahkan isi form yang tersedia dengan lengkap. -=Cara Membuat Blog=-
    cara membuat blog 2
    click to zoom : Form Pendaftaran
    • a. isikan email Anda
    • b. masukkan e-mail sekali lagi sama persis seperti poin A diatas. -=Cara Membuat Blog=-
    • c. masukkan password terserah Anda. Minimal 8 karakter
    • d. masukkan password lagi sama persis seperti poin C diatas
    • e. masukkan nama Anda. nama ini akan ditampilkan di blog.
    • f. pilih jenis kelamin
    • g. masukkan tanggal lahir Anda dengan format DD/MM/YYYY (tanggal/bulan/tahun).
    • h. masukkan kode sesuai yang tertera di gambar. Kode ini tidak sama, berganti setiap waktu.
    • i. silahkan centang checkbox yang tersedia untuk menyetujui Persyaratan dan Pelayanan. Bisa juga dibaca terlebih dahulu di link tersebut. -=Cara Membuat Blog=-
    • j. klik Lanjutkan bila sudah selesai mengisi form
  4. Langkah selanjutnya adalah memberi Judul Blog dan Alamat Blog.
    • Silahkan masukkan judul blog (k) sesuai selera. Misalnya Blog Budi Sanjaya, Blog Pelajar dan Bisnis, dsb. Sebagai contoh saya memberi judul blo ‘Blog Sejarah Masa Depan‘ hihihi
    • Di poin selanjutnya tinggal menentukan URL alamat blog (l) alias alamat domain. Misal http://blogbuddie.blogspot.com, blogpelajarbisnis.blogspot.com, sebagai contoh tutorial kali ini saya bikin domain  Silahkan pilih alamat domain terserah anda atau baca Tips Memilih Domain.
    • Setelah merasa yakin silahkan klik Lanjutkan (m)
    cara membuat blog 3
    click to zoom : Pemberian Domain dan Nama Blog
  5. Langkah selanjutnya adalah memilih template/tema/desain blog. Silahkan pilih template awal (n) yang sesuai selera Anda dan klik Lanjutkan (o)
    cara membuat blog 4
    click to zoom : Memilih Tema
  6. Selesai. Yap, cukup 5 menit saja untuk membuat blog gratis di blogspot ini. Pada tahap ini blog anda sudah jadi. Coba buka URL blog yang sudah anda buat tadi di poin 4L contoh : http://sejarah2099.blogspot.com. Namun isinya masih kosong, untuk mulai menulis silahkan klik Mulai Blogging. -=Cara Membuat Blog=-
    cara membuat blog 5
    click to zoom : Blog sudah jadi
  Setelah kamu klik tombol mulai blogging nanti akan tampil halaman pengisian artikel. gambar di bawah ini merupakan halaman pengisian artikel yang sudah disertai dengan contohnya.
cara membuat blog

Kolom judul untuk judul artikel, kolom yang lebar di bawahnya itu untuk menulis artikel atau posting, dan kolom label untuk mengisi jenis kategory artikel.
jika sudah diisi semua, tekan menu TERBITKAN ENTRI, setelah itu akan muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah berhasil menerbitkan posting atau artikel seperti gambar di bawah ini.  Untuk melihat tampilan artikel yang berhasil kamu buat tadi silahkan klik tombol Lihat Entri.
cara membuat blog

Tampilan artikel di blog kamu akan tampak seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog
Sekarang blog kamu sudah selesai dibuat dengan satu buah artkel.
Perhatikan sisi halaman pojok kanan atas yang dilingkari.  tombol entri baru untuk menulis artikel yang baru, tombol Desain untuk menentukan atau pengatur Desain, sedangkan tombol keluar untuk Log out, jika sudah setelah memposting artikel atau setelah mengatur blog kamu.
7. jika suatu saat nanti kamu ingin memposting artikel baru lagi, kamu tidak perlu mendaftar lagi… tinggal buka www.blogger.com kemudian masukkan email , dan paswod kamu , kemudian klik tombol “masuk”, dengan begitu kamu akan d bawa ke menu dashboard blogspot.
Selamat mencoba................

Salam Sukses Blogger indonesia

Abdulloh,SKM

Tidak ada komentar: